Noda Kuning pada Kain atau Pakaian Putih



Kain atau pakaian putih yang disimpan lama kadang bernoda kekuningan. Untuk menghilangkannya, buat air panas dicampur deterjen dan beri asam sitrun secukupnya. Masukkan pakaian dan rendam sebentar. Lalu kucek sebentar. Kain pun akan menjadi putih kembali.

Atau buat campuran obat pemutih dan air dengan perbandingan 1:8. Rendam pakaian selama 10 menit di larutan tersebut. Setelah diperas, celupkan kain ke dalam air yang diberi sedikit cuka untuk menetralisir daya kerja obat pemutih. Bilas dan cuci seperti biasa.

Bisa juga dengan campuran obat pemutih dan air dengan perbandingan 1:1. Lalu ambil cairan tersebut dengan pipet dan tuang ke noda. Setelah digosok sebentar, bilas dengan air. Kalau perlu ulang kembali sampai nodanya hilang.

Cara lain, gosok pakaian putih dengan belimbing wuluh. Menggosoknya harus rata agar kain tidak putih sebagian dan kuning di bagian lain. Diamkan semalam. Keesokan harinya, cuci pakaian seperti biasa dan bilas dengan air bersih.

Atau ambil beberapa potong kulit jeruk nipis dan taruh di sebuah kantung kecil yang menyerap air. Masukkan jeruk dalam kantung lalu taruh dalam air cucian. Cucilah kain putih dengan air itu.

Atau ambil 2 buah mengkudu/pace, buang kulit luarnya lalu ambil airnya. Tuang air mengkudu ini ke dalam 1 liter air. Rendam pakaian putih selama semalam. Keesokan harinya, cuci pakaian seperti biasa.

Tidak ada komentar: